Wednesday, October 14, 2020

APLIKASI BERITA INDONESIA KUMPARAN - Aplikasi yang Melampaui Berita



Aplikasi Berita Indonesia Kumparan mengajak Anda benar-benar mendalami berita-berita dan informasi terkini dengan pengalaman 360 derajat lewat gaya penceritaan, fotografi dan video-video berkualitas.

  • Kumparan memiliki fitur newsfeed yang bisa dipersonalisasi dan notifikasi yang disesuaikan dengan versi terbaru dari aplikasi selulernya. Fitur "For You" memungkinkan pembaca mendapatkan newsfeed berita utama yang disesuaikan dengan preferensi mereka, lengkap dengan opsi push notification otomatis ketika redaksi menuliskan sebuah berita/cerita baru terkait topik yang dipilih pengguna.
  • Selain fitur “For You” yang bisa dipersonalisasi, aplikasi Kumparan juga memiliki pintasan (shortcut) ke berita-berita yang menjadi trending, Collection untuk artikel-artikel kumparan yang relevan pilihan redaksi dengan topik yang kita minati, opini & cerita dari penulis-penulis independen, Galeri Foto, Video, serta Pusat Informasi Corona sebagai kanal khusus selama pandemi ini. 
  • Setiap artikel di aplikasi telah disediakan opsi favorit, komentar,  serta opsi berbagi ke berbagai platform lain, dengan highlight khusus berbagi ke Whatsapp. Tentunya ini sangat berguna untuk memerangi berita-berita hoax.
  • Aplikasi mobile Kumparan yang bisa diunduh gratis dari Apple App Store dan Google Play dijamin memenuhi kebutuhan informasi Anda di era informasi ini dengan cara yang paling mudah dan nyaman untuk diakses.
  • Semua yang perlu kita ketahui tentang aplikasi Kumparan ada di Collection Kumparan ini.

Popularitas perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan tablet telah merevolusi kebiasaan membaca konsumen berita. We are social mencatat sekitar 94% atau sekitar 169 juta orang dewasa berusia 16-64 tahun di Indonesia tahun ini telah memiliki ponsel cerdas dan pelanggan mobile data mencapai 171 juta pelanggan yang 96%-nya digunakan di ponsel pintar. Prosentase ini jauh melampaui pengguna ponsel cerdas di Amerika Serikat, dengan jumlah populasinya hanya berselisih 1 juta orang lebih besar di Amerika Serikat.

Sementara perangkat seluler mengubah konsumsi media kita, mereka juga memberikan perangkat lunak baru kepada media untuk melibatkan pemirsa dengan konten mereka, lebih banyak variasi platform untuk distribusi dan kemampuan untuk menguji model bisnis yang inovatif.

Kumparan Network, platform media berita kolaboratif terkini di Indonesia memelopori contoh bagaimana media beradaptasi dengan perubahan cara orang mendapatkan berita dan informasi dengan pertumbuhan media seluler, sebuah ruang yang terus berkembang dengan cepat. 

Kumparan telah berinovasi dalam banyak hal baru sebagai upaya perusahaan media ini untuk melibatkan pengguna seluler, dengan konten yang secara otomatis disaring untuk memenuhi preferensi individual mereka. Aplikasi seluler ini menyediakan fitur untuk menelusuri atau mencari berita internasional, nasional, dan lokal paling populer dan direkomendasikan, selain fitur opsi untuk push notification di bagian seperti berita, olahraga, kehidupan, uang atau teknologi atau topik berita khusus apapun yang menarik perhatian pembaca. Plus, menyediakan pula ruang yang memadai bagi opini dan cerita dari user-generated-content yang terintegrasi dengan berita, sebagai alternatif atau bahkan perluasan dari media sosial.

Menangkap Peluang dari Tumbuhnya Media Sosial

Dalam upaya untuk melibatkan pengguna, Kumparan juga telah berinovasi dengan menghadirkan beragam fitur untuk mengarahkan pembaca seluler ke aplikasinya. Apakah ini akan mengancam atau setidaknya berkompetisi dengan media sosial?

Sejatinya, aplikasi semacam Kumparan ini tidak menganggap media sosial sebagai kompetisi. Sejauh ini yang tampak di permukaan adalah Kumparan fokus pada bagaimana mereka dapat memanfaatkan peluang untuk menghadirkan konten kepada konsumen di manapun, membuat setiap pemirsa merasa terlibat dan berkeinginan untuk mengonsumsi informasi yang berkualitas. 

Aplikasi media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, LinkedIn, dan Twitter memang telah membuat konten buatan pengguna lebih mudah dibuat dan dibagikan. Mereka juga telah mengukir sebagian besar waktu penonton yang dulunya dihabiskan untuk kegiatan lain, seperti menonton TV dan membaca. Fenomena ini direngkuh Kumparan dengan menyediakan ruang yang memadai untuk pengguna, menjadi kontributor konten yang bernilai. Terinspirasi dari ragam konten Kumparan yang disajikan dengan profesional, profesionalitas ini menular pada kontributor konten lepas ini, sehingga mereka juga menyajikan konten yang berkualitas.

Kemampuan Kumparan melibatkan pemirsanya dalam ‘kurasi’ konten ini, membuka ragam peluang baru sebenarnya bagi marketer. Marketer kini perlu menyesuaikan strategi mereka yang biasanya perlu mempertimbangkan keterbatasan media seluler, karena perangkat ponsel cerdas memiliki kemampuan untuk menjangkau orang di mana saja dan hampir kapan saja.

Untuk mengenal aplikasi berita Indonesia Kumparan, silakan kunjungi:

Unduh aplikasi di App store
Unduh aplikasi di Play Store

Selamat tercerahkan!

No comments:

IBX5899AACD4E772