Thursday, June 16, 2005

HUJAN BULAN JUNI

Kemarin seharian beredar di luar kantor. Pagi-pagi sekali nonton Gie. Film baru Riri Riza yang dimainkan oleh Nicholas Saputra. Soe Hok Gie boleh dibilang inspirasi hidup saya. Saya jadi demonstran dulu, saya menulis, saya menonton dan menulis film, saya jadi wartawan, bahkan saya membuat blog ini karena Soe Hok Gie. Tentu saja, alur yang kami tempuh akhirnya berbeda sama sekali. Tapi film itu sendiri seperti menggetarkan sesuatu di dalam saya. Sesuatu yang selama ini saya ninabobokan secara paksa. Tiba-tiba saya merindukan semua hal dari masa lalu saya. Tiba-tiba saya bahkan merindukan kosa kata yang dulu kerap saya gunakan. Tiba-tiba saya seperti begitu terasing. Begitu teralienasi.

Setelah menonton Gie, saya langsung briefing soal keberangkatan ke Singapura Jum'at ini. Lantas, menyelesaikan masalah peminjaman lingerie di Kelapa Gading Mall. Sementara di luar hujan rintik sejak pagi. Rasanya saya seperti berenang mengarungi setengah Jakarta. Setelah semua terlewati badan terasa lelah sekali. Tiba-tiba saya teringat bahwa sekarang sudah hampir habis bulan Juni. Rinai hujan masih menemani. Tahun lalu juga ada hujan di bulan Juni. Tahun lalu saya sms Mbak Reda. Tahun ini, kalau saya ulangi pasti akan basi. Maka saya tulis blog ini. Karena ada rasa asing yang saya kenali, tengah muncul kembali. Karena kali ini ada lagi hujan bulan juni. Kali ini saya tulis blog ini...

Hujan Bulan Juni
karya Sapardi Djoko Damono

tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan juni
dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu

tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan juni
dihapusnya jejak-jejak kakinya yang ragu-ragu di jalan itu

tak ada yang lebih arif dari hujan bulan juni
dibiarkannya yang tak terucapkan diserap akar pohon bunga itu


Gie Official Website
Obituary Soe Hok Gie by Ben Anderson

And by the way, hari ini gw tepat dua tahun bekerja di FHM lho... (note ini ditambahkan pada tanggal 22-06-2005 jadi udah kelewat 5 hari...)

Beberapa hari sesudah posting ini dirilis, tak dinyana muncul pesan dari Mbak Reda di blog ini. Isinya peluncuran album terbaru mereka. Album ini bertajuk Gadis Kecil dan dinyanyikan oleh Dua Ibu (Reda dan Tatyana) sekarang sudah bisa didapatkan di berbagai outlet Aksara Bookstore dan Soho Music Plaza Semanggi. Di dalamnya ada beberapa lagu yang di-aransemen ulang, termasuk Aku Ingin, Dalam Diriku dan Hujan Bulan Juni. Sayang tidak ada Di Restoran dan Metamorfosis salah dua kesukaan saya. Dalam peluncurannya, mereka mendedikasikan lagu Aku Ingin pada seluruh blogger Indonesia. Terima kasih, Ibu!


cover CD Gadis Kecil (Dua Ibu)

No comments:

IBX5899AACD4E772