Thursday, July 12, 2007

Wafatnya Seorang Pejuang










Turut berduka cita atas wafatnya Taufik Savalas.


Dunia telah kehilangan seorang pribadi yang sangat bersahaja, pejuang hidup yang penuh teladan. Semoga amal dan ibadah almarhum dapat menjadi bekalnya menghadap Sang Khaliq. Semoga keluarga, rekan dan penggemar yang ditinggalkan oleh almarhum, dilimpahi dengan ketabahan dan kekuatan menghadapi cobaan.


Gw bukan orang yang mudah menerima berita duka cita, terutama dari orang-orang yang gw kenal. Kematian adalah sosok asing yang bisa datang menyelinap tanpa tanda-tanda terlebih dahulu. Saat terakhir bertemu, Taufik bercerita perihal keasikannya saat ini, bercumbu dengan Tuhan. Nampaknya, percumbuan itu berlangsung begitu romantis, sehingga Sang Khaliq pun memanggil pecintanya untuk lebih dekat dengan-Nya.

Taufik telah memberi sinar begitu terang bagi orang-orang yang mengenalnya. Ketulusan, kerendahan hati, perjuangan, kerja keras, integritas dan kejujuran. Jasad Taufik mungkin tak bisa lagi hadir di tengah-tengah kita - menghibur kita dan membuat kita tertawa, tetapi teladan yang diberinya akan tetap hidup di pikiran dan hati orang-orang yang mengenalnya.

Selamat Jalan Pak Presiden. Selamat Jalan, Taufik Savalas. Doa kami menyertaimu.

4 comments:

kuss-indarto said...

Dalam pemikiran orang Jawa, setidaknya yang terlacak dalam Serat Centhini II pupuh 64, bait 233-234, dengan bernas didaraskan hakikat dan keberadaan kematian itu:

Allah senet neng sajro ning pati
Rasul Muhammad senet jro ning gesang
Urip kang kahanan kie
Urip iki kawibuh
Pan kawengku ing dalem pati
Pati pan amisesa
Ing urip sawegung
Kabeh ginantungan rusak
Utama ning urip kang prasanak pati
Matia mumpung gesang
Sing sapa kang ngeling-eling pati
ingkang bisa mati jro ning gesang
tinetah supaya teteh
titah ing Hyang Mahagung
kudu eling ing dalem pati
petitis ing kasidan
uripe linuhung
sebab uripe prasanak pati
lawan pati urip tan kenaning pati
yeku dat ing Hyang Suksma

Artinya,
Allah tersembunyi dalam kematian Sang Rasul dan Muhammad tersebunyi dalam hidup Keberadaan di sini adalah hidup Tetapi hidup diresapi dan diliputi oleh kematian Kematian menguiasai seluruh kehidupan Segala sesuatu tunduk kepada kehancuran Hidup ini utama kalau bersahabat dengan kematian Usahakan supaya mati sambil masih hidup
Barangsiapa ingat akan kematian Barangsiapa dapat mati sambil masih hidup Barangsiapa menerima bimbingan agar menjadi jelas baginya Segala peraturan Yang Maha Agung Barangsiapa dengan jelas melihat kesempurnaan Hidup orang itulah luhur Karena hidupnya berkaitan dengan kematian Yang sekaligus tunduk kepada kematian

Bimo Septyo Prabowo said...

iya di tv ampe seminggu lebih di shooting , chrisye aja cuma sehari,banyak orang yang mengenang nya

Erdian Dharmaputra said...

Turut berduka atas wafatnya Taufik Savalas.

Semoga teladan yang baik dari beliau menjadi bekal yang berguna bagi kita yang ditinggalkan.

Amien.

dn-

Iman Brotoseno said...

selamat jalan Taufik..

IBX5899AACD4E772