Monday, March 08, 2004

KARMA

"Bila umurku panjang, kelak ku kan datang. Untuk buktikan. Satu balas kan kau jelang..." (Edwin/Kikan)-Cokelat-Rasa Baru(Repackage)

Waktu gw ikut yoga, Didi Jyotipraba selalu mengajarkan. Apa pun yang kita lakukan akan kita dapatkan bayaran atau ganjarannya pada kehidupan selanjutnya. Ganjaran itu namanya karma. Hal ini tentu saja karena Didi mempercayai konsep next life. Tentu saja, gw juga percaya itu, terutama setelah pengajaran Didi yang begitu membekas.
Tapi ternyata kian gw temukan bahwa bayaran itu tidak selalu datang di kehidupan yang akan datang, Didi.
Semakin lama gw sadari, kadang-kadang bayaran itu selalu datang, agar selalu jadi pelajaran bagi kita dalam satu masa kehidupan ini. Berbagai aspek baik dan buruk terjadi dalam hidup sebagai bayaran dari apa yang kita lakukan pada kehidupan saat ini. Mungkin justru itu artinya hidup. Bagaimana cara kita terus menerus membayar keburukan yang kita lakukan, sehingga semua impas dan kita tinggal menerima ganjaran atas perilaku baik kita.
Rantai keburukan itu tidak akan pernah berakhir, sebelum berhasil kita tebus dengan pelajaran yang membuat kita tidak akan pernah berbuat keburukan itu lagi. Mungkin rantai kebaikan juga bisa putus, kalau suatu waktu kebaikan itu kita putus sendiri juga dengan kejahatan kita. Semoga hal kedua ini selalu dijauhkan dari kita.
Akhirnya soal dosa dan pahala mentok di sini. Akhirnya lebih penting menyadari bahwa apapun hal buruk yang kita lakukan akan segera kita bayar. Maka bayarlah setunai mungkin. Petiklah pelajaran sebanyak mungkin. Karena seperti kata Celine Dion,"It's all coming back to me..."

Ngomong-ngomong gw jadi pingin nonton film Hukum Karma yang diperankan Marissa Haque waktu masih muda banget. Dalem gak ya maksud Hukum Karma di film itu? Ada yang udah pernah nonton?

Kembali soal yoga, sebenarnya sejak tinggal di Jakarta gw udah lama kehilangan kontak dengan kelompok yoga Ananda Marga ini. Tapi beberapa hari yang lalu gw search ternyata ada kontaknya di internet. Mungkin ada yang tertarik, bisa coba klik ke sini:

Persatuan Ananda Marga Indonesia

Kalo gw sih rekomen banget deh, karena waktu gw masih aktif hasilnya positif banget. Kalo gak jauh dan dah berhasil mengikis rasa malas ini, kali gw akan ikut dr awal lagi.

No comments:

IBX5899AACD4E772